Definisi Antarmuka (User Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antarapengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapatmenerima informasi dari
pengguna (user) dan memberikan informasi kepadapengguna (user)
untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampaiditemukan suatu
solusi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yangbersentuhan langsung
dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line
Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI) :1. Command Line
Interface(CLI)CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan
sistem operasimelalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan
program di sistemoperasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipunkonsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah
yangberbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh,dan
lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi
namacommand.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows
Vista, Microsoftmenamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada
Linuxsebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.2.
Graphical User Interface(GUI)GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh
pengguna untuk berinteraksidengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik,
ikon, menu, danmenggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti
mouse atau trackball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep
WIMP ( window,icon, menu, pointing device).
CONTOH TEKNOLOGI INTERFACE TELEMATIKA
1 Head Up
Display (HUD)
Head Up Display
(HUD) merupakan sebuah tampilan
transparan yangmenampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke
arah yanglain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu
pengguna dapatmelihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan
melihat ke arahdepan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun
HUD dibuatuntuk kepentingan penerbangan militer, sekarang HUD telah
digunakan padapenerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.
Teknologi ini pada awalnya digunakan pada
bidang militer saja, sepertipenggunaan pada pesawat tempur berikut
ini:Kini teknologi Head Up Display (HUD) juga diterapkan oleh industri otomotif
didunia, dan BMW menjadi pabrikan otomotif pertama yang meluncurkan
produkmassal dengan teknologi HUD di kaca depannya. Teknologi ini tak hanya
memberikenyamanan bagi pengemudi, melainkan juga keselamatan berkendara.Tidak
sampai di situ, HUD juga diharapkan mampu menjadi alat bantu
ketikamengemudi dalam kabut yang tebal atau kegelapan malam. Dengan
tambahanbeberapa sensor sonar dan kamera night vision, kaca depan mobil
nantinyamampu menunjukkan area-area penting dari jalanan yang berada
di depan mobil,seperti tepi jalan, rambu, dan objek yang melintas di depannya.
Berikutmerupakan contoh penggunaan HUD di masa depan.
2.Tangible User Interface
Tangible User Interface yang disingkat TUI, adalah
antarmuka dimanaseseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat
lingkungan fisik.Nama inisial
Graspable User Interface,sudah tidak lagi
digunakan. Salah satuperintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor
di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group.
Pandangan istimewanya untuk tangible UIdisebut tangible bits, yaitu memberikan
bentuk fisik kepada informasi digitalsehingga membuat bit dapat dimanipulasi
dan diamati secara langsung.Sebuah contoh nyata adalah Marmer UI Answering
Machi
ne oleh Durrell Uskup(1992). Sebuah
kelereng mewakili satu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan
marmer ke piring diputar kembali pesan atau panggilanterkait kembali
pemanggil.Contoh lain adalah sistem Topobo. Balok-balok dalam LEGO Topobo
seperti blok yang dapat bentak bersama, tetapi juga dapat bergerak sendiri
menggunakankomponen bermotor. Seseorang bisa mendorong, menarik, dan
memutar bloktersebut, dan blok dapat menghapal gerakan-gerakan ini dan
diulang mereka.Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk membuat sketsa
gambar di atasmeja sistem dengan pena yang benar-benar nyata. Menggunakan
gerakan tangan,pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X
dan Y akan hanya sebagai salah satu program dalam cat. Sistem ini akan
mengintegrasikankamera video dengan gerakan system pengakuan.
3.Computer Vision
Computer Vision
(komputer visi) merupakan ilmu
pengetahuan dan teknologi darimesin yang melihat. Dalam aturan
pengetahuan, komputer visi berhubungandengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar).
Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan
deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian
medis.Sebagai disiplin teknologi,
Computer Vision berusaha untuk menerapkan teori
danmodel untuk pembangunan sistem visi komputer. Contoh aplikasi dari visi
komputer mencakup sistem untuk.Pengendalian proses (misalnya, sebuah robot
industri atau kendaraan otomatis).Mendeteksi peristiwa (misalnya, untuk
pengawasan visual atau menghitung orang).Mengorganisir informasi (misalnya,
untuk pengindeksan database foto dan gambar urutan).Modeling benda atau
lingkungan (misalnya, inspeksi industri, analisis citra medis atau model topografi).Interaksi
(misalnya, sebagai input ke perangkat untuk interaksi manusia komputer).
4.Browsing Audio Data
Browsing Audio Data Browsing Audio Data
merupakan metode browsing jaringan
yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP
kamera. Jaringan video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah
sebagai berikut ; Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokaluntuk
mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.
Transmisiuntuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS (Dynamic Domain Name Server)oleh
program aplikasi. Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat serverpribadi
sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi
alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melaluialamat
server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yangditangkap oleh
kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio datamelalui Internet.
5.Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara
otomatis (automatic speech recognition) ataupengenal suara komputer (computer
speech recognition).Merupakan salah satufitur antarmuka telematika yang merubah
suara menjadi tulisan. Istilah “voice recognition” terkadang digunakan untuk
menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa,
seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu
disana terdapat aspekdari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali
siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu
bicarakan.Speechrecognition merupakan istilah masukan yang
berarti dapat mengartika pembicaraan siapa saja.
https://www.academia.edu/35393855/DEFINISI_ANTARMUKA_dan_CONTOH_TEKNOLOGI_INTERFACE_TELEMATIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar