Memahami Bagaimana Sebuah Game (Engine) Bekerja - Struktur Video Game Secara Umum
Post hari ini adalah tentang 'bagaimana
sebuah game atau game engine bekerja'memahami prinsip-prinsip dasar bagaimana
sebuah content yang interaktif dapat ditampilkan dalam bentuk gambar bergerak
atau video dimana kita bisa menggunakan wewenang kita untuk membuat sebuah
decision untuk mengendalikan game.
Ya, sebuah game, siapa yang tidak menyukai sebuah game, sejak saya pertama kali di bangku sekolah pun diajari untuk bermain sebuah permainan, bukan sebuah permainan video tentunya.
Post ini belum menggali lebih dalam tentang bagaimana sebuah game engine bekerja, namun ini akan memberikan anda sebuah idea atau gagasan, kenapa artikel pertama ini begitu penting untuk anda membangun segala macam problema dan pertanyaan yang akan anda tanyakan dimasa mendatang mengenai sebuah game.
Sekarang kembali ke topiknya, game yang akan kita bahas bukanlah game yang kita mainkan kala kita kecil dulu tentunya, bukan permainan petak umpet, sempring, bouy-bouyan, dan lainnya, meskipun hal demikian juga dianggap sebagai game, Game yang akan kita bahas adalah 'Video Game'
Video game jika diartikan kedalam bahasa indonesia berati Permainan Video, yang artinya adalah permainan dalam bentuk video, gambar yang bergerak, yang mana kita bisa mengendalikan pemain kita sesuai dengan keinginan kita dalam rangka menyelesaikan permainan.
Apa sebenarnya tujuan dari bermain game tersebut, tujuan itu tidak tergantung dengan apapun karena anda bisa memiliki alasan apapun untuk memainkan sebuah game, terserah apakah itu untuk kesenangan, kepuasan, dan lainnya. Namun dalam sebuah game design (desain game) ada hal yang dinamakan 'Game Objective', yaitu adalah tujuan atau goal daripada game itu sendiri, terserah mau itu untuk membuat score setinggi-tingginya, mengalahkan musuh sebanyak-banyaknya, menyelesaikan sebuah cerita campaign, mendapatkan coin sebanyak-banyaknya agar kita bisa membeli semua senjata sehingga kita akan menjadi dewa yang tidak ada tandingannya, 'THE END'.
Itulah inti daripada sebuah permainan, jika kita jabarkan sebuah alur game dapat disimpulkan sebagai berikut :
Ya, sebuah game, siapa yang tidak menyukai sebuah game, sejak saya pertama kali di bangku sekolah pun diajari untuk bermain sebuah permainan, bukan sebuah permainan video tentunya.
Post ini belum menggali lebih dalam tentang bagaimana sebuah game engine bekerja, namun ini akan memberikan anda sebuah idea atau gagasan, kenapa artikel pertama ini begitu penting untuk anda membangun segala macam problema dan pertanyaan yang akan anda tanyakan dimasa mendatang mengenai sebuah game.
Sekarang kembali ke topiknya, game yang akan kita bahas bukanlah game yang kita mainkan kala kita kecil dulu tentunya, bukan permainan petak umpet, sempring, bouy-bouyan, dan lainnya, meskipun hal demikian juga dianggap sebagai game, Game yang akan kita bahas adalah 'Video Game'
Video game jika diartikan kedalam bahasa indonesia berati Permainan Video, yang artinya adalah permainan dalam bentuk video, gambar yang bergerak, yang mana kita bisa mengendalikan pemain kita sesuai dengan keinginan kita dalam rangka menyelesaikan permainan.
Apa sebenarnya tujuan dari bermain game tersebut, tujuan itu tidak tergantung dengan apapun karena anda bisa memiliki alasan apapun untuk memainkan sebuah game, terserah apakah itu untuk kesenangan, kepuasan, dan lainnya. Namun dalam sebuah game design (desain game) ada hal yang dinamakan 'Game Objective', yaitu adalah tujuan atau goal daripada game itu sendiri, terserah mau itu untuk membuat score setinggi-tingginya, mengalahkan musuh sebanyak-banyaknya, menyelesaikan sebuah cerita campaign, mendapatkan coin sebanyak-banyaknya agar kita bisa membeli semua senjata sehingga kita akan menjadi dewa yang tidak ada tandingannya, 'THE END'.
Itulah inti daripada sebuah permainan, jika kita jabarkan sebuah alur game dapat disimpulkan sebagai berikut :
·
Mulai
permainan
·
Membuat
decision
·
Menggunakan
effort kita untuk mendapatkan sebuah penghargaan
·
Mencoba
kembali untuk mendapatkan hasil yang lebih
Tentu
saja demikian hanyalah gambaran umum tentang alur sebuah game, setiap game
memiliki alur tersendiri untuk menyelesaikan game objectivenya.
Itu
adalah sedikit tentang game, tetapi artikel ini inisialnya adalah untuk
membahas game (engine) secara teknikal, bagaimana sebuah gambar bisa
ditampilkan kedalam layar, bagaimana sebuah objek di layar bisa bergerak, apa
komposisi sebuah game sebenarnya, bagaimana kita bisa ikut ambil pengaruh
terhadap game tersebut, mengendalikan pemain, user interaction, sebuah bola/apel
yang jatuh dan lainnya.
Video
game pada dasarnya memiliki komposisi sebagai berikut :
sebuah
game secara teknis terdiri atas, Graphics, Animation, Physics, Audio, User
Interaction, Game Logic and Flow, Program.
1. GRAPHICS
Graphic
adalah gambar yang ditampilkan dalam sebuah video game, itu merepresentasikan
sebuah objek, terserah mau itu burung kepak-kepak, pipa air yang ga tau gimana
ceritanya ada ditengah jalan, awan, dan pemain itu sendiri.
Ini
merupakan unsur visual daripada sebuah video game yang membuat kita tau apa
sebenarnya yang sedang terjadi dalam permainan kita, kita akan membahas unsur
graphics secara spesifik di artikel yang saya tulis di sini
2. ANIMATION
Menurut
wikipedia.org, animasi adalah sebuah media dinamis dimana gambar ataupun objek
dimanipulasi sehingga tampak seperti gambar yang bergerak.
Ini
juga merupakan unsur visual dalam sebuah video game, apakah anda akan tau
sebuah perubahan state atau pernyataan hanya dengan melihat gambar statis?,
tentu tidak kan. disinilah unsur animasi atau pergerakan akan memainkan
perannya.
Ingatkah
kalian tentang alat kecil yang (pernah) kalian mainkan saat kalian kecil dulu,
dimana didalamnya terdapat puluhan game klasik yang dapat dimainkan. Alat itu
bernama 'Brick Game' atau 'Game Bata' atau lebih umum
dikenal sebagai 'Gimbot', dimana objek atau gambarnya dibentuk oleh
kumpulan balok kotak, perubahan suatu state balok on/off saja dapat diartikan
menjadi sebuah pergerakan atau perubahan keadaan atau pernyataan, kita akan
mengetahui objek kita bergerak ketika state daripada balok itu berubah, itu
yang dinamakan manipulasi melalui pixel, sama seperti TV ataupun layar yang
sedang anda tatap sekarang, itu menggunakan pixel untuk memanipulasi dan
membentuk sebuah gambar.
3. PHYSICS
Ini
sebenarnya masih berkaitan dengan Animation, hanya saja Physics adalah sebuah
simulasi fisika yang dituangkan kedalam sebuah game, bagaimana sebenarnya
sebuah objek bergerak?, sebuah force/gaya yang dinamis?, bagaimana sebuah
bola/apel akan jatuh dari atas kebawah (bukan dari bawah ke atas), penambahan
gaya gravitasi/Gravitational force?
Ini
adalah unsur yang akan membuat game kita terlihat natural, dengan
peng-aplikasian motion, ruang dan waktu, energi dan gaya, dan hal lainnya yang
sebenarnya adalah bagaimana alam semesta bekerja.
4. AUDIO
Ini
adalah suara, alah jangan diambil pusing, kan video game, visual 'Audio'
berarti kan ada suaranya,
5. USER INTERACTION
User
interaction adalah bagian ke-ikut sertaan kita dalam sebuah permainan dalam
menentukan keputusan, terserah mau itu maju kedapan, belok kanan, tembak,
loncat dan lainnya, itu adalah keputusan, interaksinya adalah hal itu dilakukan
oleh kita dengan cara menekan tombol, menggerakan joystick, menggerakan sensor,
dan lainnya yang membutuhkan ke-ikut sertaan kita.
6. GAME LOGIC & FLOW / PROGRAM
Saya
menyatukan program di poin ini, karena sebenarnya Logic dan flow itu hanyalah
urusan orang disainer game dalam membuat game ini menarik untuk dimainkan,
sedangkan Program adalah cara kita untuk mencapai dan menerapkan logic dan flow
tersebut.
Program
itu dibuat melalui pemprograman, menggunakan bahasa pemprograman untuk
menerjemahkan game design kedalam aksi nyata cause and effects. membuat user
dapat berinteraksi dalam game, atau menjalankan game itu sendiri.
Contoh
program sederhana adalah, jika user menekan tombol space maka player akan
loncat, nah logic tersebut dicapai dan dibuat dengan pemprograman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar