Pengertian desain
skenario dan storyboard game komputer
Seiring perkembangan zaman teknologi kini
semakin canggih. Tak luput juga perkembangan game, sudah banyak game game
bertaraf HD dimana tampilan grafik terlihat sangat real. Yaapp!! memang butuh
spefisikasi komputer atau laptop yang tidak kecil dimana tentunya hal itu juga
cukup merogoh kantong dalam dalam. Namun untuk seorang gamers hal itu bukanlah
masalah asalkan game yang ditawarkan worth it.
Namun sebelum kita membahas ketiga aspek tersebut ada kalanya kita
mengetahui Design, yap ketiga aspek tersebut tidaklah luput
dari desain. Desain atau Design merupakan
perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur.
Desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Seorang perancang atau orang
yang mendesain sesuatu disebut desainer, namun desainer lebih lekat kaitannya
dengan profesional yang bekerja dilingkup desain yang bekerja untuk merancang
sesuatu yang menggabungkan atau bereksplorasi dalam hal estetika dan teknologi.
Penggunaan istilah design atau desain bermula dari gambar teknik arsitektur
(gambar potong untuk bangunan) serta di awal perkembangan, istilah desain
awalnya masih berbaur dengan seni dan kriya.
Dimana, pada dasarnya seni adalah suatu pola pikir
untuk membentuk ekspresi murni yang cenderung fokus pada nilai estetis dan
pemaknaan secara privasi. Sedangkan desain memiliki pengertian sebagai suatu
pemikiran baru atas fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada
nilai estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang
memang pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni
rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa dan lain-lain. Dalam
membuat sebuah desain semua berawal dari minat sang desainer(perancang) untuk
memilih menciptakan ilustrasi berupa foto, gambar, tulisan atau biasa di sebut
dengan sketsa.
Desain Skenario
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh
seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan.Kalau
dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game
adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario
game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat
mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah
sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau
skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta
pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh,
animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda
dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point,
dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang
mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.
Ditambah lagi, berbeda dengan skenario, tidak bisa
secara pasti ditentukan, dokumen apa saja yang akan ditemukan dalam design
documents, karena itu tergantung pada gaya game yang akan dibuat. Hampir sama
seperti pembuatan film dimana penulis skenario pertama-tama menulis tema, kalau
ada produser yang berminat, penulis skenario membuat sinopsis, dan setelah
mendapat persetujuan produser, baru skenario dibuat, begitu juga prosesnya
dalam merencanakan suatu judul game komputer. Temanya dibuat dulu, kemudian
konsep dan akhirnya design documents disusun. Gambaran seperti ini adalah
kondisi yang ideal, tidak semua pengembang melalui proses ini, walaupun hal itu
patut disayangkan. Cukup rumit bukan? Serupa namun tak sama hehe.
Konsep seharusnya berguna untuk memberikan
gambaran garis besar tentang cerita, prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik
berat untuk gameplay. Karena itu konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya
game, kerangka peraturan, sinopsis cerita (kalau ada cerita), karakteristik
game, contoh misi, atau situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi
perangkat pengguna atau ada eek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur spesifik
yang menjadi andalan pencipta. Dalam penutup sinopsis seharusnya dicantumkan
daftar unsur yang unik dan orisinil serta faktor-faktor yang bisa dijadikan
daya jual tinggi bagi judul tersebut. Konsepnya biasanya ditulis setebal 5-10
halaman. Kalau konsep sudah diterima, artinya sudah disetujui produser, dinilai
positif oleh tim dan sebagainya, desainer game mulai menulis dengan
documents.
Dokumen ini tidak baku, selama pengembangan bisa dimodifikasi atau
diperbarui. Itu tidak berarti bahwa design document tidak perlu dibuat lengkap
dan serius. Seperti dalam kalimat pembuka, semuanya perlu dipertimbangkan dan
direncanakan dengan teliti, kalau tidak, pekerjaan tim bisa mengalami banyak
masalah. Apasaja yang tidak direncanakan dengan baik akan menyebabkan kerugian
waktu dan biaya dalam pelaksanaan proyek. Tentu saja tidak segalanya bisa
direncanakan sebelumnya, tetapi menurut teori 80/20, sekitar 80% pekerjaan bisa
berjalan sesuai rencana.
Tidak ada patokan umum apa saja yang harus
menjadi bagian design documents, karena ada banyak perbedaan tergantung
proyeknya. Tetapi dalam satu hal semua dokumen sama, harus mendeskripsikan game
secara kompleks maupun mendetail. Setelah membaca design document, anda
seharusnya memiliki gambaran lengkap tentang produk akhir. Salah satu dokumen
biasanya menjelaskan mekanisme game. Sebagai bagiannya, misalkan untuk RPG dan
strategi, adalah peraturan yang menentukan dan mendiskripsi tipe objek dalam
game berikut karakteristik serta hubungan interaktifnya.
Bagian lain membahas penerapan hukum fisika dalam dunia game dalam arti luas,
misalkan kekuatan alam yang dapat diterapkan dan bagaimana reaksi objek-objek
dalam game. Ada deskripsi lokasi secara lisan maupun dalam sketsa, skenario
cerita, bisa disebutkan diferensiasi perangkat pengguna. Dan sebaiknya ada
daftar monster (untuk RPG fantasi) atau daftar pasukan (untuk strategi).
Singkatnya, dalam struktur dokumen-dokumen ini seharusnya terdapat seluruh
materi yang mencakup seluruh aspek game. Baru berdasarkan design documents yang
lengkap bisa ditulis spesifikasi untuk rancangan engine atau modifikasi engine
yang sudah ada, dan rencana produksi. Bagian akhir dari design documents adalah
catatan-catatan desainer game, di mana dicantumkan misalnya ide-ide susulan
atau perubahan yang dilakukan berdasarkan hasil tes, dan seterusnya.
Script
Dalam pemrograman komputer, naskah adalah sebuah program atau
urutan instruksi yang ditafsirkan atau dilakukan dengan program lain daripada
oleh komputer prossesor. Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman
dalam tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi
interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih
kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks
itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam program Pascal untuk
mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip merupakan kumpulan
sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di-compile. Untuk mengetahui
tentang script, disini ada sedikit rangkuman tentang script :
·
Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah
dalam situs yang pada saat di akses.
·
Jenis script sangat menentukan statis, dinamis, atau interaktifnya sebuah
situ
·
Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin dinamis,
dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
·
Bahasa dasar yang di pakai setiap situs adalah HTM
·
Macam-macam script, PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
Storyboard
Storyboard
adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat
memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat
dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari
sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut
dengan istilah scene.
Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.
Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.
Sebaliknya, sebuah site map (peta) atau flow chart (diagram alur) dapat lebih bagus digunakan untuk merencanakan arsitektur informasi, navigasi, links, organisasi dan pengalaman pengguna, terutama urutan kejadian yang susah diramalkan atau pertukaran audiovisual kejadian menjadi kepentingan desain yang belum menyeluruh. Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik, secara cepat menjadi hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan.
Seorang pembuat Storyboard harus mampu menceritakan sebuah cerita yang bagus. Untuk mencapainya, mereka harus mengetahui berbagai film, dengan pengertian tampilan yang bagus, komposisi, gambaran berurut dan editing. Mereka harus mampu untuk bekerja secara sendiri atau dalam sebuah bagian tiam. Mereka harus mampu menerima arahan dan juga bersiap membuat perubahan terhadap hasil kerja mereka.
Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain.
Baru-baru ini istilah “Storyboard” telah digunakan dibidang pengembangan web, pengembangan perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadian interaktif seperti suara dan gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik dan layar presentasi. Sebuah Storyboard media interaktif dapat digunakan dalam antarmuka grafik pengguna untuk rancangan rencana desain sebuah website atau proyek interaktif sebagaimana alat visual untuk perencanaan isi.
Sebaliknya, sebuah site map (peta) atau flow chart (diagram alur) dapat lebih bagus digunakan untuk merencanakan arsitektur informasi, navigasi, links, organisasi dan pengalaman pengguna, terutama urutan kejadian yang susah diramalkan atau pertukaran audiovisual kejadian menjadi kepentingan desain yang belum menyeluruh. Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik, secara cepat menjadi hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk membangun rasa penasaran dan ketertarikan.
Seorang pembuat Storyboard harus mampu menceritakan sebuah cerita yang bagus. Untuk mencapainya, mereka harus mengetahui berbagai film, dengan pengertian tampilan yang bagus, komposisi, gambaran berurut dan editing. Mereka harus mampu untuk bekerja secara sendiri atau dalam sebuah bagian tiam. Mereka harus mampu menerima arahan dan juga bersiap membuat perubahan terhadap hasil kerja mereka.
Untuk proyek tertentu, pembuat Storyboard memerlukan ketrampilan menggambar
yang bagus dan kemampuan beradaptasi terhadap gaya yang bermacam. Mereka harus
mampu untuk mengikuti desain yang telah dikeluarkan dan menghasilkan kerja
konsisten, yang digambar pada model.
Apa itu Story Board Game Komputer
dan Story Board Animasi ?
Story board adalag sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan
naskah, dengan story board kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang
lain dengan lebih mudah. Karena kita dapat mengiring khayalan seseorang
mengikuti gambar - gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang
sama pada ide cerita kita.
Storyboard pada Game
Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada
storyboard game terdapat goal / mission yang akan dibuat pada
game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan tentang alur
permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game. misalkan
game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun
game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat
yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi mungkin.
Storyboard pada Aminasi
Storyboard pada animasi ialah untuk menjelaskan tentang alur narasi dari sebuah
cerita, atau storyboard pada animasi sebagai acuan agar animator dalam
membuat animasi tidak melenceng dari yang dibuat pada storyboard. Sebenarnya
fungsi dari storyboard itu sama, namun yang berbeda hanya media yang
diperuntukkan dari storyboard itu sendiri, contoh storyboard pada game atau
storyboard pada iklan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar